Ads 468x60px

Rabu

حجة اهل السنة: الفصل الاول

الأول

جواز هبة ثواب القراءة والصدقة للميت ووصول ثواب القراءة واعمال البر للميت

وهو من مسائل الفروع الخلافية فلا يجوز بشأنه اشارة الفتن والجدال والانكار على القائل والعامل به ولا على المخالف, ولا ينبغى ان يقع بينهما مالا ينبغى وقوعه بين اخوين مسلمين. ولئن كان للمانع مستند فان لغيره مستندا كذالك. فقد قال ابن تيمية: ان الميت ينتفع بقراءة القران كما ينتفع بالعبا دة المالية من الصدقة ونحوها. وقال ابن القيم فى كتاب الروح افضل ما يهدى الى الميت الصدقة والاستغفار والدعاء له والحج عنه, واما قراءة القران واهداؤها اليه تطوعا من غير اجر فهذا يصل اليه كما يصل هليه الصوم والحج. وقال فى موضع اخر من كتابه : "والاولى ان ينوى عندالفعل انها للميت ولا يشترط التلفظ بذالك" ذالك ما قاله ابن تيمية وابن القيم نقله عنهما العلامة الشيخ حسنين محمد مخلوف مفتى الديار المصرية السابق ثم قال: وذهب الحنفية الى ان كل من اتى بعبادة سواء كانت صدقة ام قراءة قران او غير ذالك من انواع البر له جعل ثوابها لغيره ويصل ثوابها اليه.

زيادة من الفقير: وروى الامام المحب الطبرى يصل للميت كل عبادة تفعل عنه واجبة منذوبة.
(فائدة) ومن صلاة النفل صلاة ركعتين للانس فى القبر.

روي عن النبى صلى الله عليه وسلم انه قال: لا يأتى على الميت اشد من الليلة الأولى فارحموا بالصدقة من يموت فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ فيهما اى فى كل ركعة منهما فاتحة الكتاب مرة و الهاكم التكاثر مرة وقل هو الله احد عشر مرات. ويقول بعد السلام اللهم انى صليت هذه الصلاة وتعلم ما اريد. اللهم ابعث ثوابها الى قبر فلان بن فلان فيبعث الله من ساعته الى قبره الف ملك مع كل ملك نور وهدية يؤنسونه ينفخ فى الصور.
وفى الحديث: ان فاعل ذالك له ثواب جسيم منه انه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه فى الجنة قال بعضهم فطوبى لعبد واظب على هذه الصلاة كل ليلة ةاهدى ثوابها لكل ميت من ا المسلمين
وفى الفتح القادر روى عن على كرم الله وجهه عن النبى صلى الله عليه وصلم انه قال:قال:
من مر على المقابر وقرء قل هوالله احد احدى عشرة ثم وهب اجرها للاموات اعطى من الاجر بعدد الاموات.
وعن انس ان النبى صلى الله عليه وسلم سئل فقال السائل يا رسول الله انا نتصدق عن موتانا ونحج عنهم وندعو لم هل يصل ذلك الىهم؟ قال: نعم انه ليصل اليهم وانهم ليفرحون به كما يفرح احدكم بالطبق اذا اهدي اليهم.
زيادة من الفقير- وفى وصية المصطفى- يا على تصدق على موتاك فان الله تعالى قد وكل ملائكة يحملون صدقات الاحياء اليهم فيفرحون بها اشد ما كانوا يفرحون فى الدنيا ويقولون : اللهم اغفر لمن نوّر قبرنا وبشره بالجنة كما بشّرنا بها.
قال الشيخ ومذهب الشافعية انّ الصدقة يصل ثوابها الى الميت باتّفاق. وام القراءة فالمختار كما فى شرح المنهاج وصول ثوابها الى الميت, وينبغى الجزم به لانه دعاء.
ومذهب الملكية : انه لا خلاف فى وصول ثواب الصدقة الى الميت واختلف فى جواز القراءة للميت. فاصل المذهب كراهتها: وذهب المتأخرون الى جوازها وهو الذى جرى عليه العمل فيصل ثوابها الى الميت, ونقل ابن فرخون انه الراجح.
وفى المجموع للامام النووى سئل القاضى ابوالطيب عن ختم القران فى المقابر قال: الثواب للقارئ ويكون الميت كالحاضرين ترجى له الرحمة والبركة, ويستحب قراءة القران فى المقابر لهذاالمعننى. وايضا قالدعاء عقب القراءة اقرب الى الاجابة والدعاء ينفع الميت .
وقد نقل النووى فى الأذكار عن جماعة من اصحاب الشاافعى انه يصل ثواب القراءة الى الميت كما ذهب اليه ابن حنبل وجماعة من العلماء(المذكور عن الشيخ المفتى).
وفى الميزان الكبرى للامام الشعرانى: والخلاف فى وصول ثواب القراءة للميت او عدم وصوله مشهور ولكل منهما وجه.
ومذهب اهل السنة: انّالانسان ان يجعل ثواب عمله لغيره وبه قال احمدبن حنبل.(اه. الميزان اخر كتاب الجنائز).

زيادة المن الفقير- قال محمد بن احمد المروزى سمعت احمد بن حنبل يقول : اذا دخلتم المقابر فاقرؤوا بفاتحة الكتاب ةالاخلاص والمعوذتين. واجعلوا ثواب ذلك لاهل المقابر فانه يصل اليهم, فلاختيار ان يقول القارئ بعد فراغه: اللهم اوصل ثواب ما قرأته الى فلان.
وفى مجموع ثلاث رسائل للعلامة محمد العربى: انّ قراءة القران على الاموات جائزة يصل ثوابها لهم عند جمهور فقهاء الاسلام اهل السنة والجماعة وإن كانت باجرة على التحقيق.
وعن ابى هريرة رضى الله عنه قال: قاب رسول الله صلى الله عليه وسلم من دخل المقابر ثم قرأ فاتحة الكتاب وقل هوالله احد, والهاكم التكاثر, ثم قال : انى جعلت ثواب ما قرأت من كللامك لاهل المقابر من المؤمنين والمؤمنات كانوا شفعاء له الى الله تعالىز(شرح الصدور: اه).
نفعنا الله بعلومه
كياهى الحج على معصةم

Senin

Ahmad Sajchu


Lahir di Surabaya pada tahun 1921. Mendapatkan pendidikan di sekolah dasar (tashwirul afkar) dan  pesantren. Setelah ayahnya meninggal, ibunya menikah lagi dengan Kiai Wahab Hasbullah. Sebagai anak tiri pendiri NU, dia banyak mendapatkan kemudahan dalam kariernya kemudian. Pada tahun 1950 dia terpilih menjadi anggota dewan kota Surabaya, pada tahun 1955 menjadi anggota parlemen selama tahun 1956-1960, dia terilih menjadi wakil ketua parlemen dari tahun 1963 s/d 1966. Dipilih kembali manjadi anggota parlemen pada tahun1971. Pertama kali menjadi pengurus Tanfidziyah PB NU pada tahun 1957, dan dari tahun 1977 s/d 1979, dia menarik diri dari NU dan beralih ke aktifitas-aktifitas dakwah, melalui organisasi baru, Ittihadul Muballighin, yang didirikan pada 1978 dan sejak saat itu dia menjadi Ketuanya. Dari semua politisi NU, tidak diragukan lagi, Sjaichu adalah orang yang banyak mempunyai kontak internasional di dunia muslim. Dia lama menjabat sebagai semacam birokrat internasional. Dialah yang mengambil prakarsa mengorganisir konferensi Islam Asia-Afrika, yang akhirnya diselenggarakan pada tahun 1965. Dia juga menjadi Presiden organisasi Islam Asia-Afrika yang lahir pada konferensi tersebut dan terus berlanjut hingga tahhun 1973. Sejak saat itu dia tetap aktif dalam Rabithah al-‘Alam al-Islami (Liga Dunia Islam) dan dewan tertinggi Masjid Dunia, di Makah.
(Tempo 1981: 799; Baidlawi & Ma’shum 1991).



KH. Ahmad Siddiq


Tahun 1926-1991. Lahir di Jember, putera Kiai Siddiq, dan adk Kiai Mahfoedz Siddiq 9yang memegang berbagai jabatan penting di NU dan menjadi Ketua Umun sejak tahun 1937-1942). Beliau pernah menjadi sekretaris pribadi Wahid Hasyim saat yang terakhir ini menjabat Menteri Agama (1949-1952). Selama beberapa tahun (1955-1957, kemudian 1971)dia menjadi anggota parlemen, pada tahun bersalang dan tahun-tahun berikutnya membina karier di Departemen Agama, yang berakhir dengan jabatan sebagai Kepala Kanwil Depag Jawa Timur. Dia bergabung dengan faksi yang sangat antikomunis di dalam NU dan secara terbuka menetang Demokrasi Terpimpin; pada tahun 1965 dia muncul sebagai koorinator tertinggi para Kiai antikomunis di Jawa Timur. Setelah lama menjabat sebagai pengurus syuriyah NU, pada tahun 1984 beliau akhirnya terpilih sebagai Rais ‘Aam dan terpilih kembali pada tahun 1989.
(Tempo 1986: 837-839; Anonim 1986: 142-143)

Abdurrahman Wahid


Abdurrahman Wahid
Putera sulung Wahid Hasyim ini lahir pada tahun 1940. Menyelasaikan pandidikan SMPT dan SMTA umumnya di Jakarta dan Yogyakarta, sambil belajar bahasa Arab di pesantren kiai Ali Ma’sum pada sore  hari. Pendidikan ini ditambah dua tahun di Tegalrejo dan satu tahun di Tambakberas (pesantren Kiai Wahab Hasbullah Jombang) dimana ia juga mulai mengajar. Pada tahun 1963 dia berangkat ke Mesir untuk belajar di Al Azhar; tidak puas dengan tingkat penidikan disana dia pindah ke Bagdad, dia mendaftar pada fakultas Adab dan  meneruskan studinya sampai tahun 1970. Pada tahhun1971, dia kembali ke Indonesia dan mulai mengajar

Lahirnya Nahdhatul Ulama (NU)


Nahdhatul Ulama (NU) adalah sebuah gejala yang unik, bukan hanya Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia muslim.ia adalah sebuah ulaman tradisional yang memiliki pengikut yang besar jumlahnya, oraganisasi non pemerintah yang palingbesar,masih bertahan, dan mengakar dikalangan bawah.Ia memiliki, paling tidak, dua puluh juta muslim, yang-meski tidak terdaftarsebagai anggota resmi-merasa terikat padanya melalui ikatan-ikatan kesetiaan primodial. Di sebuah negeri yang dilanda kecenderungan-kecenderungan kearah kuat kearah pemusatan (sentralisasi), NU merupakan oraganisasi paling siginifikan yang sangat terdesentralisasi. Para

Hadlaratus Syaich Hasyim Asy'ari

Tahun 1871-1947. Lahir di Nggedang, Jombang, Jawa Timur. Belajar ilmu agama di berbagai pesantren Jawa timurdan berangkat ke Makkah pada tahun 1892, dimana dia menetap, dengan selang waktu sebentar saja, kurang lebih tujuh tahun. Sambil belajar dengan para guru di Indonesia dan Arab yang paling terkemuka disana, dia juga mengajar orang indonesia yang lebih muda. Sekembalinya ke tanah air, dia mengajar selama beberapa tahun (1903-1906) di Kemuning, Kediri, dan kemudian mendirikan pesantren sendiri di Tebu Ireng dekat Jombang. Sejak itu dia jarang meninggalkan Tebu Ireng kecuali untuk perjalanan dagang rutin ke Surabaya.